Edukasi Ibu Hamil oleh Bidang PAUD Dindikbud Demak

DINDIKBUD-01/10/2020 Dalam Rangka Pelaksanaan Edukasi terhadap Ibu Hamil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak melaksanaan Sosialisasi di 5 Desa dalam rangka pengasuhan 1000 HPK  untuk pencegahan dan penurunan angka Stunting di Kabupaten Demak yang dilaksanakan di Kantor Koordinator Wilayah masing-masing Kecamatan dalam kegiatan Publikasi dan Sosialisasi PAUD Tahun 2020.

Dalam Kesempatan tersebut Drs. Afida Aspar, M.M. Selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF didampingi SUMINI, S.Pd, M.M. Kasi PAUD menyampaikan bahwa pentingnya Periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu, Bunda perlu memenuhi asupan gizi seimbang dan memberikan stimulasi sesuai tahapan tumbuh kembang janin. Masa 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati.

Buah hati melalui masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase 1000 hari pertama kehidupan terbagi menjadi tiga yaitu pada masa kehamilan, satu tahun pertama setelah kelahiran, dan masa balita (tahun kedua).

Nutrisi dan stimulasi yang diterima buah hati selama 1000 hari pertama kehidupannya akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya secara jangka panjang. Yuk, kenali tiap fasenya berikut ini, Bun.

Kehamilan (270 hari)

Fase pertama dari 1000 hari pertama adalah masa kehamilan selama 9 bulan atau 270 hari. Fase kehamilan terbagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Trimester Pertama  (1-12 minggu)

Masa trimester pertama berawal sejak hari pertama haid terakhir dan hingga 12 minggu selanjutnya. Beberapa wanita bahkan belum sadar sudah hamil selama 5-6 minggu pada tahap ini.

Banyak hal penting yang terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan, yaitu pembuahan embrio hingga pertumbuhan penting pada akhir minggu ke-12. Pembentukan tulang, otot, dan organ tubuh penting (mata, jantung, sistem pencernaan, dan paru-paru) terjadi pada masa ini.

Trimester Kedua (13-27 minggu)

Memasuki trimester kedua, perubahan bentuk tubuh Bunda akan semakin signifikan. Biasanya Bunda akan lebih bersemangat dan berenergi dibandingkan pada trimester pertama. Organ-organ tubuh buah hati dalam kandungan juga semakin terbentuk dengan sempurna.

Trimester Ketiga (28-40 minggu)

Pada trimester akhir kehamilan, perut bunda sudah dalam posisi yang kian membesar sehingga wajar jika stamina lebih terkuras. Dalam kandungan, berat badan bayi akan kian bertambah dan organ-organ vital juga sudah bekerja sempurna untuk mempersiapkan saat kelahiran.

Tahun Pertama (365 hari)

Setiap bulan dalam tahun pertama kehidupannya, buah hati Bunda akan melalui banyak tahapan tumbuh kembang. Berikut beberapa perkembangan yang dialami buah hati pada tahun pertamanya:

 

Perkembangan Kognitif: Kemampuan belajar dan daya serap anak dalam memecahkan masalah.

Perkembangan Sosial & Emosional: Kemampuan interaksi dan sosialisasi.

Perkembangan Linguistik & Komunikasi: Kemampuan pemahaman dan penggunaan bahasa.

Perkembangan Motorik Halus: Kemampuan menggunakan otot kecil, terutama tangan dan jemari.

Perkembangan Motorik Kasar: Kemampuan untuk menggunakan otot besar, terutama olah tubuh seperti duduk, berdiri, dan berjalan.

Bunda disarankan untuk hanya memberikan ASI eksklusif sekurangnya selama 6 bulan pertama setelah kelahiran buah hati. Ini karena kandungan nutrisi dalam ASI terbukti adalah asupan terbaik untuk mendukung masa 1000 hari pertama kehidupan buah hati. Setelah melewati masa ASI eksklusif, Bunda bisa memberikan MPASI dengan variasi sayur dan buah.

 

Tahun Kedua Balita (365 hari)

Fase terakhir 1000 tahun pertama kehidupan buah hati terjadi pada tahun keduanya. Pada masa ini, buah hati semakin membutuhkan asupan nutrisi dengan gizi yang seimbang. Ini adalah usia yang tepat bagi Bunda untuk mulai memperkenalkan lebih banyak jenis dan tekstur makanan berupa sayur, buah, dan protein seperti daging atau ikan.

 

Perhatikan juga asupan cairan buah hati agar selalu terpenuhi. Hindari terlalu banyak memberikan minuman yang mengandung banyak gula. Selain itu, Bunda dapat mulai memperkenalkan buah hati dengan camilan sehat seperti buah-buahan segar.

Semoga Bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap