Visi & Misi

Demak Bermartabat, Maju, dan Sejahtera

VISI DAN MISI
KABUPATEN DEMAK

Visi

’’DEMAK BERMARTABAT, MAJU DAN SEJAHTERA”

Misi

  1. Memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik, serta kehidupan bermasyarakat yang agamis, kondusif dan berbudaya.

  2. Meningkatkan sumber daya manusia, sumbar daya alam dan lingkungan hidup yang berkualitas dan berdaya saing.

  3. Mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal, membuka lapangan kerja, menguranggi kemiskinan dan pengangguran.

 

Dalam rangka mendukung pencapaian Visi, Misi, dan Program Bupati Demak,
Dinas Pendidikan Kabupaten Demak berdasarkan tugas pokok dan fungsinya berkewajiban upaya pencapaian

Misi 1 : "Memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik, serta kehidupan bermasyarakat yang agamis, kondusif dan berbudaya".

Misi 2 : “ Meningkatkan sumber daya manusia, sumbar daya alam dan lingkungan hidup yang berkualitas dan berdaya saing".


Misi 3 : “Mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal, membuka lapangan kerja, menguranggi kemiskinan dan pengangguran".

Program Unggulan BUPATI

1. Peningkatan Harmonisasi dan Fasilitasi Kehidupan Beragama;
2. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik Berbasis ” Smart City “;
3. Peningkatan Kebersihan Dan Keindahan Wilayah;
4. Peningakatan Kualitas dan Aksesibilitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan;
5. Pengembangan Inovasi;
6. Perluasan Perkotaan;
7. Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Terutama di Kawasan Pesisir, Pertanian, dan Pusat Pertumbuhan / Pusat Produksi;
8. Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat;
9. Peningkatan Keberdayaan, Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial;

 

Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Bahkan setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan khususnya pada usia antara 7 – 24 tahun. Usia tersebut merupakan masa usia sekolah.
Pemerintah Republik Indonesia telah menerapkan wajib belajar 9 tahun, artinya bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan minimal 6 tahun di Sekolah Dasar dan 3 tahun di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Bahkan di era sekarang pendidikan sudah dimulai sejak usia dini (PAUD), yaitu ketika anak masih berusia 3 – 4 tahun.

Find out more

Peserta Didik

Peserta didik merupakan obyek pendidikan yang harus mendapat perhatian besar dari pemerintah untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya. Perhatian pemerintah itu berupa pembangunan gedung-gedung sekolah yang layak dan nyaman untuk belajar. Selain itu adanya tenaga pengajar yang profesional dan mampu untuk mendidik. Di Kabupaten Demak terdapat sekitar 145.902 orang yang masih aktif bersekolah. terdiri dari 95.101 orang SD, 25.881 orang SLTP dan 24.920 orang SLTA di tahun 2014. Di tahun yang sama pula tercatat sebanyak 65 orang putus sekolah, terdiri dari 59 orang SD, 6 orang SLTP dan SLTA tidak ada.

Find out more

 

Sarana Prasarana Pendidikan

Pemerintah kabupaten Demak melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DINDIKPORA) telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Demak dengan membangun sarana dan prasarana pendidikan seperti sekolah dari tingkat SD, SLTP dan SLTA. Selain itu juga tersedianya tenaga pengajar (guru) yang profesional, buku-buku pelajaran, alat peraga pendidikan dan sarana pendukung lainnya. Menurut catatan DINDIKPORA Kabupaten Demak pada tahun 2014 ada sekitar 700 sekolah yang ada di Demak. terdiri dari 509 Sekolah Dasar (SD), 89 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan 96 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA & SMK) negeri dan swasta. Sedangkan untuk jumlah guru ada sekitar 10.945 orang, yang terdiri dari 5.686 guru SD, 1.702 guru SLTP dan 2.188 guru SLTA di tahun

Find out more