PENGAJUAN MUTASI/TARIK DATA GTK DAPODIK

ALUR MUTASI – PERSETUJUAN – TARIK DATA GTK DI DAPODIK 

Gambar 1 : Prosedur Mutasi GTK Pada DAPODIK 2021

TATACARA :

  1. Prosedur Tarik GTK hanya dilakukan oleh operator sekolah jika ada :
  2. GTK yang mutasi/pindah dari sekolah lain;
  3. GTK menginduk di sekolah lain, dan menambah jam di sekolah tujuan (non-induk);
  4. Prosedur Tarik GTK dilakukan oleh sekolah tujuan, dan menarik data dari sekolah asal;
  5. Operator sekolah melakukan tarik GTK di laman Managemen Sekolah : http://dapo.kemdikbud.go.id menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.
  6. Pada menu Aplikasi Pilih GTK, cari berdasarkan NIK, NUPTK dan NIP setelah ditemukan pilih Tambahkan.
  7. Setelah operator sekolah melakukan prosedur tarik GTK diatas,  Konfirmasi ke Dinas Kabupaten melakukan proses konfirmasi (approval) sesuai standar pelayanan dengan login Managemen Dinas di laman : http://dapo.kemdikbud.go.id menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik;
  8. Pada menu manajemen, GTK, Pilih Penugasan, cari GTK yang akan di konfirmasi, Klik Konfirmasi, proses konfirmasi telah selesai dilakukan.
  9. Untuk bisa menampilkan hasi tarik GTK di Aplikasi Dapodik di sekolah, operator sekolah bisa melakukan TarikDataNew dan atau melakukan proses Sinkronisasi.

STANDAR PELAYANAN PERSETUJUAN PINDAH TUGAS/MUTASI
GTK PNS

  • Persetujuan pindah dari instansi asal
  • Persetujuan dari instansi yang dituju (jika sudah ada)
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SK CPNS (dilegalisir)
  • Fotokopi SK PNS (dilegalisir)
  • Fotokopi SK Kenaikan Pangkat Terakhir (dilegalisir)
  • Fotokopi Ijazah dan transkip nilai yang diakui (dilegalisir)

  • Pemohon mengajukan berkas ke Dinas melalui Admin Dinas/GTK
  • Apabila memenuhi syarat untuk mutasi maka berkas akan diproses
3 Hari kerja

Jangka waktu penyelesaian Persetujuan Pindah/Mutasi Tugas Guru/TU diselesaikan +/- 3 hari dan dapat di perpanjang sampai dengan 10 (sepuluh) hari Kerja

Tidak dipungut biaya (GRATIS)

  • Terdaftar di sekolah Tujuan
  1. Datang langsung
  2. Kotak saran
  3. Email : disdik.demak@gmail.com
  4. Wa :  082221702225 (Chat only)
  5. sebelum tatap muka terlebih dahulu mengisi : Unit Layanan Terpadu (ULT) Dindikbud Kab. Demak

Syarat-syarat Mutasi GTK di Sekolah Negeri

Syarat-syarat Mutasi GTK di Sekolah Swasta

“MEKANISME PERUBAHAN DATA KEPEGAWAIAN DAN PERUBAHAN AKUN GTK”

STANDAR PELAYANAN PERSETUJUAN PINDAH TUGAS/MUTASI
GTK NON PNS

  • Persetujuan pindah dari instansi asal (surat mutasi);
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi SK Pengangkatan Sekolah Tujuan (dilegalisir);
  • Fotokopi SK Penugasan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Khusus sekolah Negeri (dilegalisir);
  • Fotokopi Ijazah dan transkip nilai yang diakui (dilegalisir);
  • SK Pembagian Tugas;
  • Cek Kebutuhan Guru Sekolah Tujuan (R10);

  • Pemohon mengajukan berkas ke Dinas melalui Admin Dinas/GTK
  • Apabila memenuhi syarat untuk mutasi maka berkas akan diproses
3 Hari kerja

Jangka waktu penyelesaian Persetujuan Pindah/Mutasi Tugas Guru/TU diselesaikan +/- 3 hari dan dapat di perpanjang sampai dengan 10 (sepuluh) hari Kerja

Tidak dipungut biaya (GRATIS)

  • Terdaftar di sekolah Tujuan
  1. Datang langsung
  2. Kotak saran
  3. Email : disdik.demak@gmail.com
  4. Wa :  082221702225 (Chat only)
  5. sebelum tatap muka terlebih dahulu mengisi : Unit Layanan Terpadu (ULT) Dindikbud Kab. Demak
Share via
Copy link
Powered by Social Snap