Pameran Keliling Museum Glagah Wangi Digelar Lebih Mengenal Benda Bersejarah

DINDIKBUD-06/09/2023 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak menggelar Pameran Keliling Museum Glagah Wangi pada kesempatan tersebut Kepala Dindikbud Kabupaten Demak Haris Wahyudi Ridwan, AP.MSi mengungkapkan pada saat pembukaan kegiatan banyak masyarakat kurang mengerti keberadaan Museum Glagah Wangi sehubungan lokasinya yang kurang terekspos. Sementara benda-benda kuno bersejarah di dalamnya tak kalah menarik dan menyimpan cerita sejarah cukup lengkap.

“Maka seiring diselenggarakannya Pameran Museum Glagah Wangi kami sangat apresiasi. Selain menumbuhkan minta dan kecintaan masyarakat khususnya pelajar pada benda-benda bersejarah, kegiatan ini diharapkan mampu mempublikasikan atau memasyarakatkan Museum Glagah Wangi,” kata Haris. Turut hadir mendampingi acara pembukaan Pameran Museum Glagah Wangi yang digelar di halaman SD Negeri Cabean 3 itu Sekretaris Dindikbud Kabupaten Demak Ridwan ST MT. Di samping pula Kabid Kebudayaan Isman, serta Korwil Dindikbud Kecamatan Demak Hj Noor Sulistyowati.

Benda Purbakala

Pada Kesempatan tersebut Sekretaris Dindikbud Ridwan menambahkan, banyak benda purbakala dan bersejarah berumur ratusan tahun sengaja dibawa ke lokasi pameran yakni halaman SD Negeri Cabean 3 untuk memudahkan anak didik juga masyarakat untuk mengamati dan menikmatinya. Seperti piring keramik kuno, arca, sirap Masjid Agung Demak, hingga sejumlah keris pusaka, yang tentunya sudah tak lagi bisa ditemukan di jaman modern ini. “Pameran Museum Glagah Wangi ini akses untuk bisa terlayani informasi terkait benda sejarah.

Sementara itu Korwil Dindikbud Kecamatan Demak Noor Sulistyowati menuturkan, Pameran Museum Glagah Wangi yang dijadwalkan pada 5-6 September 2023 itu juga dirangkai pameran hasil karya pelajar dan guru beberapa SD dari lima gugus di bawah binaan Korwil Dindikbud Kecamatan Demak. Bahkan untuk memeriahkan acara, siswa-siswi dari sejumlah sanggar seni juga SD yang memiliki ekstra kurikuler seni tari berkesempatan tampil di panggung pertunjukan disiapkan panitia.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap cagar budaya dan sejarah Kabupaten Demak.

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap