PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN (INOBEL) DINDIKBUD KAB. DEMAK

DINDIKBUD-13/11/2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak melalui Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan “Pelatihan Inovasi Pembelajaran (INOBEL) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Tahun 2020”. Kegiatan Pelatihan Inovasi Pembelajaran dikuti sebanyak 32 peserta yang berasal dari Guru Sekolah Dasar berjumlah  16 peserta dan Guru Taman Kanak-Kanak berjumlah 16 Peserta di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak. Pelatihan dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 09 s.d 12 November 2020 bertempat di Aula Akademi Komunitas Negeri (AKN) Demak.

Kegiatan yang di hadiri BUPATI Demak H.M Natsir di dampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Demak Drs. Eko Pringgo Laksito, M.Si memberikan arahan pentingnya guru untuk berinovasi dalam pembelajaran terutama di masa pandemi saat ini. dan dengan Pelatihan Inovasi Pembelajaran (INOBEL),  mendorong guru supaya dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif, menyenangkan bagi peserta didik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk dapat menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang baik.

Dalam Kesempatan tersebut Plt. Kepala Dindikbud menyampaikan Peserta  yang telah dinyatakan   lulus  pelatihan, diharapkan dapat menjadi motor penggerak di lingkungan kerja masing-masing sebagaI pendidik yang inovatif dan mampu menghasilkan karya inovasi. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan Kabupaten Demak Literasi dengan karya inovasi yang dihasilkan.

Kepala Bidang Pembinaan GTK menjelaskan Tujuan dari kegiatan Pelatihan Inovasi Pembelajaran (INOBEL) adalah terciptanya suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efisien sehingga peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan secara maksimal. Dan Secara Khusus Pelatihan ini bertujuan untuk :

1) meningkatkan pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran inovatif,

2) Meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran.

3) Ketepatan pemilihan metode dalam pembelajaran sehingga tercipta kondisi belajar yang interaktif, efektif dan efisien.

4) Meningkatnya keterampilan menggunakan berbagai macam variasi metode pembelajaran

5) Terciptanya hasil karya inovasi guru yang berdaya saing tinggi

Dan di akhir kegiatan Terhadap peserta yang telah mengikuti pelatihan dengan baik akan diberikan Sertifikat yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

 

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap