SOSIALISASI DAN BIMTEK DAPODIK VERSI 2020

DINDIKBUD-03/09/2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi Data Pokok Pendidikan versi 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Budi Utomo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, yang dimulai senin, 26 Agustus s.d. 17 September 2019 yang diikuti oleh operator dari Jenjang PAUD (TK, KB, TPA dan SPS), DIKDAS (SD dan SMP) dan DIKMAS (LKP, PKBM dan SKB), itu dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Drs. EKO PRINGGOLAKSITO, M.Si yang disertai Sekretaris Dindikbud Drs. SUBKHAN, M.M.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa DAPODIK merupakan aplikasi pendataan yang di gunakan untuk berbagai macam kepentingan, dari sarpra, guru dan siswa. Selanjutnya Sekretaris dalam pesannya mengatakan, operator sekolah diminta mengikuti sosialisasi dan bimtek, guna mengetahui informasi terkait Aplikasi Dapodik terbaru 2020.

Pada aplikasi Dapodik 2020, menurut dia terdapat sejumlah pembaharuan sistem, sehingga operator wajib mengetahui dan memperbaharui sistem Dapodik yang akan digunakan untuk memasukkan data guru dan siswa sekolah.

“Sekarang eranya digital. Dalam memasukkan atau meregistrasi data, sudah dilakukan secara online. Untuk itu, tidak hanya operator saja yang mengetahui, namun juga wajib diketahui oleh kepala sekolah,” ujar dia.

Dikesempatan itu juga, sekretaris menghimbau kepada kepala sekolah untuk memperhatikan operator sekolah dalam melakuan pekerjaan. Operator menurutnya, kini menjadi jantung atau bagian penting dari sekolah.

“Saya minta operator benar-benar diperhatikan. Karena dia yang menginput seluruh data di sekolah, baik data siswa dan guru, maupun pelaporan dana bantuan operator siswa dan bina lingkungan,” kata dia.

Diterangkannya, seluruh data yang berhasil dimasukkan ke sistem, akan terlapor secara online ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. “Data itu secara otomatis terkoneksi di pusat”.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi kepada peserta yang disampaikan oleh Ka. Sub. Bag. Progam Dwi Isnaini Saparyati, M.T. yang menjelaskan manfaat aplikasi DAPODIK yang digunakan untuk penentuan Alokasi Dana BOS. Dilanjutkan Narasumber berikutnya Penyampaian manfaat Akun SDM, VervalSP, VervalPTK, dan VervalPD, serta Pengisian DAPODIK 2020 yang baik dan benar.

 

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap