Cagar Budaya R. Syeh Ibbrohim di Banyumeneng-Mranggen

DINDIKBUD-07/06/2021 Tim Regrestasi Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Demak yang terdiri Ahmad Widodo, Sarono, M Faizin dan didamping Bapak Ridwan, Mugiarto, Isman mengadakan Invesigasi dan Ziarah ke Makam R. Syeh Ibbrohim di Puncak Bukit Girikusumo Desa Banyumeneng Kec. Mranggen Kab. Demak. sebagai berikut :

  1. Makam R. Syeh Ibbrohim Berada di puncak bukit Girikusumo. R. Syeh Ibbrohim merupakan seorang ulama pada masa puncak kejayaan Kasultanan Demak adalah Guru dari mbah Kyai Hadi  mana beliau leluhur dari KH. Munif pengasuh ponpes Girikusumo;
  2. Situs Megalitik. Situs megalitik yang terletak di puncak lereng Timur Tenggara, yang terdapat bekas kehidupan budaya masa lalu yaitu Budaya prasejarah, terdapat peninggalan tempat upacara, batu tempat duduk, batu menhir dan patung pemuja roh nenek moyang.
  3. Bukit girikusumo adalah tanah perbukitan yang masuk dalam kawasan Perhutani, jenis pohon yang terdapat di sana adalah : a. Pohon maoni, jati, dan bambu kuning semuanya bertebaran dari dari kaki bukit sampai puncak;  b. kondisi tanah kemiring jalan 30 derajat sampai 45 derajat. memasuki puncak banyak batu tersusun rapi sebagai pijakan kaki menuju puncak.
  4. Dugaan analisa Puncak bukit giri kusumo sebelum ada makam auliya sudah ada kehidupan manusia dengan latar belakang budaya prasejarah, di mana tempat tersebut sebagai tempat upacara pemuja roh nenek moyong bagi masyarakat di masa lampau.

dengan kegiatan ini diharapkan dapat ditindak lanjuti untuk pendaftaran /Registrasi cagar budaya dan menambah cagar budaya di Kabupaten Demak.

Galeri Kegiatan

Semoga bermanfaatTerimasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap