SD Negeri Batursari 5 Kecamaatan Mranggen Juara FLS2N Pantomim Tingkat Nasional

Juara I Nasional Pantomim FLS2N SD Batursari 5 Kec. Mranggen – Kab. Demak

DINDIKBUD-18/12/2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak melalui Dua siswa SD Batursari 5 menoreh prestasi menggembirakan dengan meraih juara 1 pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) cabang pantomim yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas Kemdikbud). Mereka adalah Reva Octavia dan Ebbenhaizer Reviano Silaban yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas enam. Keduanya anggota group pantomim Pesona D’Bama SD Negeri Batursari 5 Kecamatan Mranggen Kab. Demak.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FLS2N kali ini berlangsung secara online karena digelar pada saat era pandemi covid 19. Setiap peserta lomba pantomim terdiri atas pasangan dua orang yang direkan dengan video dan dilakukan dari rumah masing-masing. Dengan tema besar jujur itu juara, D’Bama menampilkan pantomim berjudul “Menjemput Asa”. Selain pantomim terdapat lima cabang lomba untuk tingkat SD yaitu menyanyi tunggal, gambar bercerita, kriya anyam, dan menari.

Kepala SDN Batursari 5, Wahyuningsih Rahayu menyampaikan, FLS2N diawali dari jenjang kecamatan dan kabupaten secara langsung karena saat itu belum ada pandemi. “Pesona D’Bama juara 1 tingkat Kecamatan dan Kabupaten,” katanya. Namun untuk jenjang provinsi dilakukan secara online. Dua peserta mengambil video dari rumah masing-masing. Kemudian video tersebut dikolaborasikan menjadi satu cerita. Pelatih pantomim Pesona D’Bama M Teguh Satria, S.Pd,. dengan semangat membimbing Reva dan Eben. Setelah menjadi video dipadukan ole Musyafa sebagai tim editing Pesona D’Bama. Video yang tergarap menarik tersebut dikirim pada panitia FLS2N Puspresnas, untuk dipilih 10 terbaik tingkat Provinsi.

“Alhamdulillah Pesona D’Bama terpilih sebagai juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah dan mewakili Jateng ke tingkat nasional,” jelasnya.

Dari tanggal 22-25 September, video yang juga diupload ke youtube tersebut dinilai oleh dewan yuri. Dan pada hari terakhir diumumkan panitia melalui zoom dan youtube yang menyebutkan Pesona D’Bama terpilih sebagai juara 1 lomba FLS2N tingkat nasional cabang pantomim.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih Reva dan Eben. Bahkan bagi Reva prestasi tingkat nasional kali ini merupakan yang ketiga”. Sebelumnya tahun 2018 Reva berhasil meraih juara harapan 2 lomba Cipta Pantun FL2N tingkat nasional dan 2018 juga sebagai peserta lomba marchingband tingkat nasional GPJB bidang colour guard juara 3 tingkat nasional.

Sejak tahun 2017, lanjut dia, SDN Batursari 5 selalu mengibarkan bendera di tingkat nasional. Pada tahun 2017 kepala sekolah berhasil menjadi juara 3 simposium nasional kepala sekolah dan pengawas se Indonesia.

Kemudian tahun 2018 sekolah mendapat juara 3 lomba Marchingband GPJB tingkat nasional, Reva juara harapan 2 lomba cipta pantun FL2N tingkat nasional, dan memperoleh penghargaan adiwiyata nasional. Tahun 2019 kepala sekolah menjadi finalis best praktis kepala sekolah dan pengawas tingkat nasional, lomba kepala sekolah prestasi tingkat nasional, dan penghargaan Sekolah Sahabat Keluarga tingkat Nasional dari Kemdikbud.

“Dalam pandangan kami berkarya itu untuk kepuasan hati diri sendiri, maka di manapun berada selalu berkarya dengan ikhlas dan tentu saja cerdas, serta selalu berpasrah diri pada Allah Swt,” tutu Wahyuningsih Rahayu. Dalam meraih prestasi itu, SDN Batursari 5 selalu bersinergi dengan semua pihak mulai dari guru, siswa, orang tua/wali, komite sekolah, masyarakat serta dinas pendidikan untuk mewujudkan D’Bama Bisa.

Gallery Kegiatan

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap