Peran Guru Bimbingan dan Konseling Kabupaten Demak dalam KBM di Masa Pandemi

 DINDIKBUD-18/12/2020 Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 rupanya menuai permasalahan baru di Kabupaten Demak, hal itu menyebabkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kurang optimal.

“Kendala itu disebabkan antara lain, latar belakang orang tua yang kurang mengetahui ilmu pedagogig, fasilitas jaringan dan peralatan TI yang belum ada, kesibukan orang tua hingga tak ada waktu mendampingi belajar anak dan guru yang belum siap bahwa pembelajaran harus dilakukan PJJ,” terang Kabid Pembinaan SD dan SMP Dindikbud Demak, Ridwan, Kamis (17/12/2020)

Untuk itu, lanjut Ridwan, pihaknya mengadakan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran di masa pandemi bagi guru Bimbingan dan Konseling (BK) jenjang SMP di Kabupaten Demak pada (6/10/2020) lalu. Dengan sasaran guru BK se-Kabupaten Demak

Dijelaskan, hal itu sesuai dengan Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi dan satuan pendidikan dasar dan menengah.

Setidaknya ada 3 poin pelayanan konseling, yakni memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan bakat dan minat. “Serta masalah pribadi, kehidupan sosial belajar dan pengembangan karir. Difasilitasi dilaksanakan oleh konselor,” katanya.

Selain itu, juga tertuang dalam Permendiknas nomor 27 tahun 2008 tentang standar kualifikasi akademik konselor. Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak, Eko Pringgo Laksito, pada kesempatan itu juga memaparkan isi Permendiknas nomor 27 tahun 2008. Dikatakan, pada pasal 1 poin 1, untuk dapat diangkat sebagai konselor, seorang wajib memenuhi kualifikasi standar akademik dan kompetensi konselor yang berlaku secara nasional.

Pasal 2, penyelenggaraan pendidikan yang satuan pendidikannya memperkerjakan konselor wajib menerapkan standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri paling lambat 5 tahun setelah peraturan menteri itu berlaku.

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap