Seminar untuk meningkatkan Penambahan Pos PAUD

DINDIKBUD-03/12/2020 Dalam rangka meningkatkan angka partisipasi kasar dan penambahan pos yang terdaftar dalam Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak mengadakan seminar PAUD di 14 kecamatan.

“Satuan PAUD atau Pos PAUD yang melayani anak usia di bawah 3 tahun masih kurang,” terang Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dindikbud Afida Aspar, Selasa (24/11/2020).

Jumlah Pos PAUD di Kabupaten Demak 92, sedangkan jumlah desa 243 dan kelurahan enam.

Seminar bertema “Mengoptimalkan Pengasuhan 1000 HPK” itu dilaksanakan secara bertahap mulai 26 Oktober hingga 11 Desember 2020, dengan pembagian waktu 1 hari dua kecamatan.

Setiap acara diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang terdiri atas unsur Korwil Bidang Dikbud dan Penilik PAUD Dikmas dari 14 kecamatan. Peserta lain adalah mitra PAUD, Kasi Kesra dan Kasi Permas Kecamatan, Ketua Pokja II dan Ketua Pokja IV Kecamatan, Ketua pokja II Desa se-Kabupaten dan Pengelola Pos PAUD dengan jumlah 650 peserta.

Afida menyampaikan, Indonesia adalah negara dengan jumlah kasus (prevalensi) stunting terbesar kelima di dunia, 40% stunting berasal dari keluarga yang berkecukupan.

Dijelaskannya, stunting pada anak mencerminkan kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah 5 tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak stunting menjadi lebih pendek dibanding anak seusianya.

Kedua, kekurangan gizi kronis terjadi sejak bayi dalam kandungan hingga usia dua tahun. Ketiga, secara fisik balita stunting memiliki tinggi badan di bawah standar pertumbuhan anak normal seusianya pada populasi.

Afida menambahkan, Pos PAUD adalah bentuk layanan PAUD yang penyelenggaraannya diinterpretasikan dengan layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu bagi anak sejak lahir hingga usia 4 tahun.

“Dapat juga melayani anak hingga usia 6 tahun, jika di lokasi yang sama belum tersedia layanan TK/RA/BA, yang pengelolaannya di bawah pembinaan pemerintah desa atau kelurahan,” terangnya

Repost @wartakudus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap