Mendukung Demak Kabupaten Literasi dan Budaya, Dindikbud Resmikan TBM

DINDIKBUD-03/12/2020 Sukseskan Demak sebagai kabupaten literasi dan budaya baca, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Demak telah meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Demak.

Peresmian dilakukan oleh Bupati HM Natsir dengan gunting pita dan penandatanganan batu prasasti yang didampingi Plt Kepala Dindikbud, Eko Pringgo Laksito, Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pnf Dindikbud Demak, Afida Aspar dan Seksi Sarana Prasarana Paud dan Pnf, Suwito beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan, membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang sangat kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi tuntutan.

 

“Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu mendorong minat baca masyarakat, dan salah satu ciri terpenting dari masyarakat terpelajar adalah tingginya minat baca dan kegemaran membaca,” katanya.

Sementara itu, Suwito mengatakan, TBM merupakan salah satu alternatif pusat belajar dalam rangka meningkatkan minat baca anak-anak yang merupakan program dari bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF).

Kadin Dindikbud Eko Pringgo Laksito menjelaskan, bahwa TBM sendiri memiliki 3 layanan utama yakni Widya-pustaka yang mana TBM menyediakan referensi kepustakaan tulis dan non tulis seperti buku teks, buku popular, buku pengetahuan popular dan pelbagai rekaman dengan macam-macam media.

Kedua, layanan Widya-loka yang mana TBM dijadikan sarana diskusi, bedah buku, sarasehan dan lain sebagainya.

“Ketiga widya-budaya yang dijadikan wadah untuk menuangkan ide-ide dan mengasah bakat masyarakat, seperti menulis, teater, tari dan membatik,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Eko, ada juga program parenting sekolah menulis, praktik buku, sekolah mitra, mengenal reptil, layanan pinjam buku, menulis mimpi, membungkus kado, membuat origami, membaca cepat dan memahami isi.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Afida Aspar, TBM yang telah diresmikan itu dimanfaatkan masyarakat sebagaimana mestinya.

“Kami berharap, TBM ini dapat dimanfaatkan warga belajar SKB dan warga masyarakat Demak,” tutupnya

Repost @wartajateng

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap