Festival Barongan di Alun-Alun Demak

DINDIKBUD-29/10/2023 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah dengan acara Festival Barongan yang berlangsung selama dua hari di Alun-Alun Demak. Festival Barongan diikuti sebanyak 20 grup barongan yang ada di Kabupaten Demak.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, S.E. membuka Pekan Kebudayaan Daerah yang digelar di Alun-alun Simpang Enam Kabupaten Demak, Sabtu (28/10/2023). Ditandai dengan dipukulnya gong sebagai tanda pembukaan. Dalam sambutannya, Bupati Eisti menyampaikan bahwa acara tersebut bukan hanya sekedar perayaan seni dan budaya, namun juga cermin kekayaan warisan budaya Kabupaten Demak. “Saya merasa sangat bangga karena ternyata Kabupaten Demak memiliki banyak sanggar seni,” kata Bupati Eisti.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas, Haris Wahyudi Ridwan, menyampaikan “Festival Barongan ini adalah salah satu upaya kami untuk menjaga dan melestarikan budaya tradisional barongan yang merupakan aset budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Demak. Kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai kebudayaan lokal kita.”

Festival Barongan ini diadakan selama dua hari, pada tanggal 28 – 29 November 2023, di Alun-Alun Demak. Kegiatan ini akan menampilkan pertunjukan barongan dari 20 grup yang berbeda. Masing-masing grup akan memainkan peran karakter barongan yang beragam, mengenakan kostum tradisional yang indah dan seringkali mengesankan. Diharapkan festival ini akan menciptakan suasana meriah dan kebersamaan di antara warga Demak.

Dindikbud Kabupaten Demak mengundang masyarakat Demak dan pengunjung dari luar kabupaten untuk bergabung dalam Festival Barongan ini. Acara ini adalah kesempatan sempurna untuk menikmati seni tradisional yang memukau, mencicipi kuliner lokal, dan merasakan kehangatan masyarakat Demak.

Kegiatan ini disambut secara meriah dengan terlihatnya banyaknya pegunjung dari berbagai daerah yang memadati lokasi alun alun Demak untuk menonton festival barongan. Adapun pengunjung dipantau berdatangan dari berbagai wilayah dari Kecamatan Gajah, Karanganyar, Karangawen, Mranggen, Demak dan masyarakat yang ada di Wilayah Kabupaten Demak, Disamping mendapat hiburan gratis juga mengenalkan anak-anak pada kesenian asli Demak”

Dengan Festival Barongan ini, Dindikbud Kabupaten Demak berharap bisa merangsang minat masyarakat terutama generasi muda untuk lebih mencintai dan menjaga budaya tradisional mereka. Semoga festival ini sukses besar dan menjadi wujud pelestarian kearifan lokal Demak.

Gambaran Peserta yang tampil dalam kegiatan tersebut dapat dilihat Info Grafis dibawah ini :

Group yang tampil di hari sabtu, 28 Oktober adalah sebagai berikut: Sanggar Seni Tlga Sakti, Sanggar Seni Bibisawijoyo, Cahyo Utomo, Sanggar Seni Putro Singo, Sanggar Seni Wahyu Aji Joyo, Putro Turonggo Samudro, Sanggar Seni Turonggo Utomo, Sanggar Seni Kusumo Joyo.

Dan di hari Minggu 29 Oktober 2023 adalah :  New Singo Birowo, Sanggar Seni Putro Putri, Satrio Mudo Joyo, Sekar Mulya Jaya, Turonggo Seto Sari, Duto Singo Rekso, Cahyo Krido Utomo, Sanggar Seni Condromowo, Turonggo Sekar Budoyo, Sanggar Seni Kademangan.

Gallery Kegiatan

Semoga bermanfaat – Terimakasi

Share via
Copy link
Powered by Social Snap