Pelatihan Pencegahan dan Penurunan Stunting Kabupaten Demak

DINDIKBUD-25/05/2022 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak menyelenggarakan Pelatihan Pencegahan dan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2022 yang di laksanakan pada hari selasa 24 s.d. 25 Mei 2022 di Balroom Wakil Bupati Demak, Kegiatan di buka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SUHASBUKIT, SH, MM, didampingi Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dra. Afida Aspar, M.M. dan Kasie PAUD SUMINI, S.Pd, M.M. yang di hadiri oleh Bunda PAUD di Kabupaten Demak.

Pada Kesempatan tersebut SUHASBUKIT, SH, M.M, mengatakan pencegahan Stunting sudah menjadi prioritas Nasional Pemerintah yaitu pada 1000 hari pertama kehidupan yang dimulai sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. “Anak Stunting mempunyai pertumbuhan fisik yang tidak maksimal, mudah sakit dan kemampuan kognitif dibawah rata-rata kecerdasan anak seusianya,” katanya.

Ia juga mengatakan oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta forum Sosialisasi agar dapat memahami materi yang dipaparkan oleh para Narasumber. “Penurunan angka Prevalensi Stunting di Indonesia ditargetkan semaksimal mungkin mengurangi dampak dari stunting dalam rangka menyiapkan SDM yang unggul serta generasi yang Produktif untuk menyambut Bonus Demografi 2030 kelak,” katanya.

Ia juga mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua bahwa Kesehatan Masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua Komponen masyarakat berpartisipasi dalam upaya Kesehatan dengan memprioritaskan Prilaku hidup bersih dan Sehat yang dimulai dari diri kita sendiri yang pada akhirnya mendorong kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dan berkembang menjadi sebuah gerakan yang masiv yang kita kenal dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Di Kabupaten Demak sendiri hal ini telah diimplementasikan dalam Visi Pemerintah Kabupaten Demak “Demak bermartabat Maju dan sejahtera”, Kami mengucapkan terima kasih atas prakarsa dan perhatian Pemerintah Daerah yang telah mengalokasikan kegiatan ini sebagai upaya pemberian pengetahuan kepada generasi muda terkhusus remaja putri yang rentang usia 18 – 24 tahun, sebagai generasi penerus bangsa,” katanya.

Dilain pihak, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dra. AFIDA ASPAR, M.M, menyampaikan pentingnya orang tua untuk mendapatkan edukasi seputar stunting. ” serta menambah wawasan pemenuhan gizi yang seimbang, dan cara menjalani pola hidup sehat, dengan harapan para remaja Kabupaten Demak juga dapat menjadi agen komunikasi dalam mensosialisasikan dan mengomunikasikan mengenai pencegahan stunting kepada orang tua di Kabupaten Demak,” katanya.

Tujuan Kegiatan pelatihan ini diharapkan menurunkan akan stunting di Kabupaten Demak, adapun materi dari narasumber dapat dilihat dan di unduh di bawah ini :

 

Gallery Kegiatan

Adapun Materi dalam Kegiatan tersebut dapat di lihat dan diunduh di bawah ini :

MATERI PENERAPAN POLA ASUH 8 FUNGSI KELUARGA sosialisasi 1000 hpk dalam rangka penurunan stunting

MATERI PENERAPAN POLA ASUH 8 FUNGSI KELUARGA sosialisasi 1000 hpk dalam rangka penurunan stunting

PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Semoga bermanfaatTerimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap