Kemendikbudristek luncurkan 3 Program KIHAJAR 2021

DINDIKBUD-03/06/2020 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program KIHAJAR 2021. Program ini dibentuk mengangkat semangat Ki Hajar Dewantara untuk merdeka belajar di Indonesia.

“Dengan teknologi yang ada sekarang, kita semestinya semakin kreatif, semakin kritis, karena begitu banyak peluang dan kesempatan yang terbuka,” ujar Nadiem dalam Peluncuran KIHAJAR 2021 yang disiarkan di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI, Kamis (20/5/2021).

“Jangan sampai teknologi malah menurunkan minat belajar dan prestasi kita,” imbuhnya.

Digitalisasi sekolah menjadi salah satu prioritas Kemendikbudristek. Oleh sebab itu, program KIHAJAR 2021 hadir dalam tiga varian program untuk siswa di seluruh jenjang pendidikan dan seluruh guru di Indonesia antara lain :

1. Ki Hajar STEM

Ki Hajar STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) menjadi program pertama KIHAJAR 2021. Program ini menjadi wadah berbasis project bagi siswa SD, SMP, SMA, SMK dan sekolah Indonesia di luar negeri untuk bereksplorasi. “Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta kerja bersama kolaboratif dengan menyelesaikan masalah melalui pembelajaran STEM,”

Sensor hand sanitizer tanpa sentuh (SEHAT) karya siswi SMAN 1 Godean, Yogyakarta, untuk membantu penanganan pandemik COVID-19 menjadi salah satu inovasi yang tercipta dari program ini.

2. Ki Hajar Explorer

Program lain dari KIHAJAR 2021 adalah Ki Hajar Explorer yang merupakan wujud belajar bereksplorasi dengan memanfaatkan sumber pembelajaran dari berbagai media. Mulai dari TV Edukasi, Suara Edukasi, Rumah Belajar Edukasi, serta program dari rumah yang ditayangkan di TV Edukasi menjadi medium yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati program ini. “Melalui akun media sosial suara edukasi, para pelajar dapat mengikuti kuis harian yang kontennya diambil dari kanal-kanal pembelajaran tersebut.

3. Ki Hajar TIK Talks

Ki Hajar TIK Talks menjadi program terakhir dari KIHAJAR 2021. Program ini menyediakan webinar bagi guru-guru yang diharapkan mampu bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi teknologi dalam pembelajaran. “Khusus untuk program ini kami menekankan peran teknologi untuk membantu guru menemukan solusi atas permasalahan yang ada di daerah dengan menghadirkan berbagai macam narasumber ahli. Nadiem berharap para guru, orang tua serta pelajar di Indonesia semakin menyadari pentingnya memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif, apalagi bagi bidang pendidikan.

Kihajar 2021 (1)

sumber :
https://www.idntimes.com/ 
kemdikbudristek RI

Semoga bermanfaatTerimakasih

 

Share via
Copy link
Powered by Social Snap