Sosialisasi Peraturan Bupati Demak Nomor 82 Tahun 2020 tentang SPM PAUD

DINDIKBUD-08/12/2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, melalui Bidang Pembinaaan PAUD dan PNF Seksi PAUD melaksanakan Sosialisasi Peraturan Bupati Demak Nomor 82 Tahun 2020 tentang Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal dan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Pra Sekolah Dasar. Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati lantai II Setda Kab. Demak dimulai pukul 08.00 wib s.d 12.30 wib. Dengan jumlah peserta 59 orang berasal dari camat se-Kab.Demak, Korwil Bidang Dikbud Kec se-Kab. Demak, Pengawas TK, Kemenag, Bappeda, Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Demak serta mitra Paud yaitu Igtki dan himpaudi kabupaten dan Kecamatan.

Dalam acara tersebut Wakil Bupati Demak memberikan sambutan pengarahan tentang Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini. Hadir pula narasumber dari Ka. Dindikbud, Ka Bidang Pembinaan Paud dan Pnf, Ka. Bidang Pembinaan GTK serta Ka. Subbag perundang-undangan pada bagian Hukum Setda Kab. Demak.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Demak Drs. Pringgo Laksito, M.Si. menjelaskan pentingnya pendidikan anak usia dini yang merupakan tolak ukur kemakmuran bangsa di masa depan. Menurut Eko penanaman nilai sejak anak usia dini menjadi sangat krusial agar tidak terjadi krisis moral bagi anak-anak bangsa di masa depan nanti. “Penanaman nilai sejak dini dapat menghindarkan anak di Kabupaten Demak dari krisis moral”, lanjut Eko.

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Demak Nomor 82 Tahun 2020 tentang Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal dan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Pra Sekolah Dasar ini salah satunya menjadi wadah sosialisasi kepada masyarakat dan instansi terkait, akan adanya SPM mengenai PAUD tersebut. Dengan terbitnya SPM ini, komimen daerah terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini akan semakin meningkat.

Seperti diketahui bersama bahwa usia 0-5 tahun adalah usia perkembangan emas, saat fisik dan otak anak berada di masa pertumbuhan terbaiknya, dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Di masa ini, stimulasi pendidikan yang positif sangat penting bagi perkembangan anak,  karena stimulasi yang tidak tepat akan berdampak negatif bagi kehidupan selanjutnya dan tidak dapat diperbaiki. Adapun tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Perbup SPM PAUD adalah :

  1. Meningkatkan akses pelayanan PAUD yang merata, berkualitas, dan terjangkau dengan melibatkan peran serta masyarakat dan organisasi mitra paud.
  2. Memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki mendapat akses terhadap pengembangan masa kanak-kanak, secara dini yang berkualitas dan pendidikan pra-dasar agar mereka siap untuk masuk ke Pendidikan Dasar.
  3. Mendorong pelaksanaan kebijakan SPM PAUD kepada Satuan Pendidikan, orang tua dan masyarakat.

Peraturan Bupati Demak Nomor 82 Tahun 2020

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap