Pembinaan Yayasan dan Sekolah Swasta di Kabupaten Demak

DINDIKBUD-07/12/2020 Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Drs. Eko Pringgo Laksito, Msi di dampingi Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, RIDWAN, ST, MT menegaskan bahwa antara sekolah swasta memiliki peranan dalam mencerdaskan anak bangsa dan semua satuan pendidikan memiliki porsi yang sama yaitu meningkatkan mutu pendidikan di  Kabupaten Demak.

“Jiwa Swasta merasa termarjinalkan, itu keliru. Dari anggaran tahun ini pun bantuan terhadap sekolah swasta meningkat. Bahkan ditahun anggaran 2021 disiapkan anggaran bantuan sosial untuk Guru di Sekolah swasta dan semua sekolah harus maju,” ucap Eko Pringgo Laksito dalam acara Pembinaan Yayasan dan Kepala Sekolah Swasta di Aula Budi Utomo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Eko Pringgo Laksito menjelaskan, seluruh satuan pendidikan, khususnya SD dan SMP Swasta, harus memenuhi standar yang diterapkan guna membangun pendidikan yang lebih bermutu. Beberapa diantara adalah melakukan link and match, menggali kompetensi sesuai dengan kebutuhan di daerah masing-masing, serta adanya interaksi yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan dinas pendidikan. “Kuncinya ada di kepala sekolah agar lebih membuka diri dan bersilaturahmi dengan kita, agar kita juga bisa tahu keadaan sekolah dan bagaimana cara kita membantu meningkatkan kualitas disana,” tutur Eko.

Selain itu, Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP juga mengimbau agar semua satuan pendidikan selalu bersinegeri dengan semua pihak, baik dengan pemerintah, dinas pendidikan dan masyarakat. Serta selalu berusaha utuk berinovasi dan menemukan ide baru. “Mari kita bangun SD dan SMP Swasta yang lebih unggul bersama-sama,” kata RIDWAN.

Hal senada pun diucapkan oleh Ka. Sub. Bag. Program DWI ISNAINI SAPARYATI, ST, MT mengatakan peraturan pemerintah tentang sekolah swasta saat ini  sama dengan sekolah negeri, salah satunya adalah dana  bantuan pusat berupa alokasi anggaran BOS. “Harapannya secara prestasi dan kompetensi siswa juga meningkat. Sekolah swasta harus percaya diri dan semoga selalu eksis untuk berprestasi.

Semoga bermanfaat – Terimakasih.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap