BUPATI DEMAK Resmikan TBM – SKB Kab. Demak

DINDIKBUD-16/11/2020 Dinas Pendidikan dan Kabupaten Demak bersama Bupati H.M. Natsir meresmikan Penggunaan Taman Baca Masyarakat (TBM) di SKB Demak sebagai program untuk mensukseskan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten Literasi dan Budaya Baca.

Bupati HM Natsir didampingi Kepala Bidang PAUD dan PNF Dra. AFIDA ASPAR, M.M, menyampaikan bahwa dengan adanya Taman Baca Masyarakat ini diharapkan meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Demak.

Beliau menjelaskan membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi tuntutan. Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu dengan mendorong tumbuhnya minat belajar masyarakat, dan salah satu ciri terpenting dari masyarakat terpelajar adalah tingginya minat dan kegemaran membaca.

Dalam Kesempatan tersebut Kepala Seksi Sarana dan Prasana PAUD dan PNF Suwito, S.Pd menjelaskan bahwa minat baca di Kabupaten Demak masih dalam kategori rendah terutama anak-anak. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan salah satu alternatif sebagai pusat belajar dalam rangka meningkatkan minat membaca anak-anak yang merupakan program dari Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan NonFormal (PNF). TBM diharapkan menjadi pusat sumber ilmu yang memiliki peran strategis untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki minat dan berbudaya baca (reading society).

Dilain kesempatan Kepala Bidang PAUD dan PNF Dra. AFIDA ASPAR, M.M menjelaskan bahwa TBM memiliki 3 layanan utama yaitu widya-pustaka, artinya TBM menyediakan referensi kepustakaan tulis dan non tulis seperti buku teks, buku popular, dan buku pengetahuan popular, serta berbagai rekaman dengan bermacam-macam media. Layanan widya-loka menjadikan TBM sebagai sarana untuk melaksanakan diskusi, bedah buku, sarasehan dan sebagainya. dan layanan widya-budaya yang merupakan wadah untuk menuangkan ide-ide dan mengasah bakat masyarakat, seperti menulis, teater, tari, membatik bisa dilakukan.

Selain itu bentuk pembelajaran kreatif dalam meningkatkan minat baca anak di TBM SKB Kab. Demak, adalah program parenting, sekolah menulis, praktek buku, sekolah mitra, mengenal reptile, pelayanan peminjaman buku, menulis mimpi, membungkus kado, membuat origami, membaca cepat dan memahami isi. Pembelajaran kreatif ini diharapkan dapat mempengaruhi motivasi anak untuk membaca.

Gallery Kegiatan

Semoga Bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap