WORKSHOP PENGELOLA PKBM

DINDIKBUD-06/10/2020 Dalam Rangka meningkatkan Pengelolaan PKBM Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak menyelenggarakan Workshop untuk PKBM yang di laksanakan di Aula Budi Utomo pada tanggal 28 s.d. 29 September 2020 yang di hadiri seluruh Pengelola PKBM dan SKB di Kabupaten Demak.

Kegiatan tersebut di buka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Drs. Eko Pringgo Laksito, M.Si. yang menyampaikan kebijakan bidang pendidikan di Satuan Pendidikan NonFormal, Dalam kesempatan tersebut Dra. AFIDA ASPAR, M.M. menyampaikan Pentingnya Pengelolaan PKBM yang baik.

Sementara itu Kasi PNF Supartiningsih, S.Pd. M.M, memaparkan tentang  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan lembaga kemasyarakatan yang bergerak dalam mengembangan potensi masyarakat dan  memberdayakan masyarakat. PKBM yang merupakan bagian dari satuan pendidikan nonformal menekankan proses pembelajaran andragogi. PKBM di era globaliasi menjadi titik rawan dalam persaingan pendidikan jika tidak ada inovasi yang dikembangkan. Kajian literatur tentang PKBM yaitu: 1. PKBM memanfaatkan sumber daya lokal dalam pemberdayaan masyarakat yang kemudian dirancang dalam sebuah program, 2. Melihat eksisitensi PKBM dalam pembangunan pendidikan. PKBM yang memanfaatkan sumber daya lokal sebagai peluang dalam mengorganisir masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program dianggap mampu memberikan outcome bagi perubahan di dalam diri masyarakat sehingga taraf ekonominya terus meningkat. Selain itu. PKBM untuk menjaga eksistensinya dalam pembangunan pendidikan dibutuhkan daya kreatifitas dan inovatif dari pengelola PKBM sehingga PKBM tidak terlihat monotan dan membosankan. PKBM yang dapat eksis dan terus berkembang, tidak terlepas dari strategi yang digunakan.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa PKBM adalah sebuah lembaga pendidikan yang dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat serta diselenggarakan di luar sistem pendidikan formal baik di kota maupun di desa dengan tujuan untuk memberikan kesempatan belajar kepada seluruh lapisan masyarakat agar mereka mampu membangun dirinya secara mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itulah PKBM berperan sebagai tempat pembelajaran masyarakat terhadap berbagai pengetahuan atau keterampilan dengan memanfaatkan sarana, prasarana dan potensi yang ada di sekitar lingkungan agar masyarakat memiliki keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup.

Adapun Tujuan Kegiatan ini adalah :

  1. Menyusun manajemen dan pengelolaan satuan pendidikan non formal di Kabupaten Demak.
  2. Manajemen dan Pengelolaan PKBM di era Pandemi.
  3. Penjelasan tentang Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Demak supaya bisa mengenyam pendidikan pada jalur non formal melalui pembelajaran pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.

 

Nara Sumber dalam Kegiatan Tersebut adalah sebagai berikut :

    1. Eko Pringgolaksito, M.Si (Kepala Dindikbud Kab. Demak)
    2. Afida Aspar, MM (Kabid Pembinaan PAUD dan PNF)
    3. Supartiningsih, S.Sos, MM (Kasi PNF)
    4. Dwi Isnaini S, S.IP, MT (kasubbag Program Dindikbud Kab. Demak)
    5. Yuniarti, M.Hum (PP PAUD Dikmas Prov. Jateng)
    6. Pengurus FK PKBM Prov. Jateng

Semoga bermanfaatTerimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap