Workshop Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

DINDIKBUD-12/02/2020 Proses belajar mengajar di semua jenjang pendidikan tidak akan lepas dari perpustakaan maupun taman bacaan masyarakat, dari taman bacaan masyarakat mereka akan memperoleh informasi tentang bermacam-macam hal. Taman bacaan masyarakat adalah untuk melayani kepentingan penduduk yang tinggal di sekitarnya. Mereka terdiri atas semua lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, agama, adat istiadat, tingkat pendidikan, umur dan lain sebagainya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si dalam sambutanya menyampaikan pentingnya budaya membaca dan Literasi untuk masyarakat, di sertai Kepala Bidang PAUD dan PNF Drs. AFIDA ASPAR, M.M. menyampaikan dengan Workshop ini memberikan bekal kepada pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) untuk mampu melakukan pengelolaan lembaga dengan baik, menciptakan program yang menarik yang bisa mendorong anak untuk membaca dan datang ke perpustakaan, serta belajar mengelola buku-buku di perpustakaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Supartiningsih, S.Pd. M.M selaku Kepala Seksi Pendidikan NonFormal (PNF) menyampaikan bahwa penyelenggarakan kegiatan Workshop Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) mulai hari Selasa s.d. Rabu Tanggal 11 s.d. 12 Februari 2020 bertempat di Aula Budi Utomo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Yang di hadiri peserta sejumlah 30 orang  berasal dari SPNF SKB Demak 2 Peserta, Pengelola TBM 14 Peserta PKBM 10 Peserta, Pojok Moco Bandungrejo 2 Peserta, dan Kampung Literasi Berahan Wetan 2 Peserta, adapun Nara Sumber kegiatan tersebut antara lain Triono, S.Pd, M.Si (Ketua FK TBM Prov. Jateng), Asmariah (Penulis, Pegiat, Sastrawan).

Dengan program kegiatan TBM ini di harapkan nantinya dapat mewujudkan masyarakat gemar belajar dan gemar membaca, mewujudkan masyarakat yang gemar belajar (learning society), mewujudkan masyarakat yang gemar membaca (reading society), memperkaya pengalaman belajar dan pengetahuan bagi masyarakat, dan membantu pengembangan Kecakapan membaca dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Semoga BermanfaatTerimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap