OPTIMALKAN KINERJA LKP DI KABUPATEN DEMAK, DINDIKBUD KAB. DEMAK DAN HIPKI KABUPATEN DEMAK FASILITASI AKAD KERJA SAMA (MOU) DENGAN DUDI SEKITAR

DINDIKBUD-22/01/2024 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak bersama HIPKI (Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia) Kabupaten Demak melaksanakan Kegiatan Fasilitasi Akad Kerja Sama (MOU) dengan DUDI sekitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 Januari 2024 di Hotel Dalu, Jl. Majapahit Semarang. Hadir pada kegiatan tersebut 10 DUDI/ perusahaan sekitar yang terdiri dari PT. Formosa, PT. Sae Apparel, PT. Lucky, PT. Melody Garmen, PT. Sumbiri, PT. Sahabat Unggul, PT. Inti Sukses Garmindo, PT. Libra Permana, PT. Star Fashion, PT. Sam-Sam, PT. Hesed dan PT. Moris.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Demak, Haris Wahyudi Ridwan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dibutuhkan komunikasi dan kolaborasi yang baik antara LKP.  selaku Penyedia Sumber Daya Manusia (SDM) dan DUDI selaku pengguna SDM. Lulusan dari LKP di Kabupaten Demak diharapkan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja DUDI di sekitar. Hal ini dapat dicapai manakala lulusan dari LKP memenuhi kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan oleh DUDI. DUDI diharapkan dapat memberikan informasi kepada LKP terkait kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaannya, sehingga LKP dapat mengakomodir dalam kurikulum pembelajarannya. Sehingga keduanya dapat saling menguatkan dalam melaksanakan perannya. Dengan keberadaan LKP, diharapkan DUDI juga diuntungkan dari sisi penyediaan SDM Tenaga Kerja.    

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing DUDI diminta untuk menyampaikan saran/ masukan terkait pelaksanaan kursus dan pelatihan yang diselenggarakan oleh LKP. Dari sekian masukan yang disampaikan, rata-rata permasalahan yang dihadapi DUDI ketika menerima tenaga kerja dari lulusan LKP adalah skill dan mental. Terkait skill, disampaikan agar LKP juga mengakomodir skill yang agak lebih detail sesuai dengan produk yang dibuat oleh perusahaan. Terkait mental, disampaikan agar peserta didik perlu dilatih bekerja dengan target kerja yang ditentukan.

Dimyati, Ketua HIPKI kabupaten Demak, menyampaikan meskipun output kegiatan hari ini adalah penandatanganan Kerja Sama (MOU) antara LKP dengan DUDI yang diundang, bukan berarti semua lulusan LKP dapat diterima pada DUDI yang sudah melaksanakan kerja sama. Profesionalitas tetap di kedepankan. Apabila ada lulusan yang tidak diterima karena belum atau tidak memenuhi kompetensi/ skil yang ditentukan perusahaan, LKP harus bersedia mendidik peserta didiknya kembali untuk mencapai kompetesi yang dibutuhkan DUDI.
Sulikhah, selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan kinerja LKP di Kabupaten Demak dan memperluas jaringan komunikasi LKP dengan DUDI.
Sebagai akhir dari kegiatan ini, Dwi Isnaini Saparyati, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dindikbud Kab. Demak, menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan koordinasi dengan perangkat daerah terkait agar Tim Koordinasi Daerah VOkasi (TKDV) Kabupaten Demak segera ditetapkan oleh Bupati Demak sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi sehingga permasalahan yang dihadapi DUDI dan LKP dapat terselesaiakan oleh TKDV Kabupaten Demak.

Gallery Kegiatan

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap