ORIENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) di LKP DIMY MOTOR TAHUN 2023

DINDIKBUD-03/12/2023 Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek Republik Indonesia bekerja sama dengan LKP DIMY MOTOR, menyelenggarakan Program PKW jenis ketrampilan mekanik Sepeda Motor yang dilaksanakan dan bertempat di LKP Dimy motor yang terletak di Desa Kalikondang Kec. Demak Kab. Demak yang dipimpin oleh Moh. Dimyati, ST yang dibuka pada tanggal 03 Desember 2023, pukul 09.00 WIB, yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Demak diwakili Kepala Bidang Pembinaan PAUD PNF Dwi Isnaini Saparyati, S.IP,. MT, Kegiatan pelatihan diikuti oleh 35 peserta, dilaksanakan selama 280 jam pelajaran atau 65 hari yang dilaksanakan dimulai pada tanggal 14 September s.d. 30 Nopember 2023.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua program vokasi kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia DR Kastum, MPd, dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta mengikuti harus bersungguh-sungguh dan keikutsertaan orang tua sangat diperlukan dalam keberhasilan program PKW ini serta pengembangan usaha bengkel kepada peserta didik. Memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan harus mempunyai jiwa semangat yang tinggi.

Moh. Dimyati menyampaikan dalam sambutannya bahwa perekrutan peserta diutamakan dari keluarga tidak mampu, pelatihan tenaga kerja difasilitasi oleh anggaran APBN tidak dipungut biaya alias gratis sehingga yg dipersiapkan utk siap kerja guna membuka usaha yg sangat kompetitif, kegiatan pelatihan dimulai pukul 18.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB, terdapat teori dan praktek.
PKW adalah program pada tahun 2023 sangat diperlukan sekali guna meningkatkan taraf hidup perekonomian peserta yang mengikuti, kegiatan yg bersumber APBN dilaksanakan di kabupaten Demak, target pelatihan adalah mengikuti kegiatan sampai selesai, diharapakan dapat diimplementasikan di dunia kerja utk peserta didik.
Tujuan dari pelatihan ini adalah pengentasan kemiskinan dan pemberian keahlian ketrampilan Mekanik Sepeda Motor untuk kewirausahaan bagi peserta didik.

Dalam sambutannya Dwi Isnaini selalu Kabid Pembinaan PAUD/PNF menyampaikan kepada peserta pelatihan tidak boleh setengah-setengah dalam mengikuti pelatihan harus bersungguh-sungguh
sebelum mengikuti kegiatan diawali dengan niat yg baik, komitmen dan tanggung jawab serta dukungan orang tua sangat dibutuhkan sekali.
Diharapkan peserta lulus sudah mempunyai bekal keterampilan untuk mempersiapkan dalam membuka usaha. Tempat untuk mengembangkan potensi diri, fokus dan disegerakan dengan kemampuan yg dilatih agar ke depan ada perubahan signifikan terhadap diri potensi yg luar biasa, jangan sampai potensi yg luar biasa terhambat karena persoalan kecil.
Dalam sambutannya juga menyampaikan motivasi untuk kinerja dalam bekerja lebih ditingkatkan dengan disiplin dan mentaati peraturan yg ada, dan memberi pesan kepada peserta pelatihan mentaati tata tertib selama pelatihan, menjaga kesehatan selama pelatihan serta pada saat uji kompetensi dapat berhasil dan mencapai hasil yg maksimal. Di dalam kesempatan itu juga diserahterimakan alat dan bahan secara gratis kepada perwakilan peserta.

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dilaksanakan kerjasama dengan Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Ristek, dalam materi pelatihan menyampaikan bahwa peserta diminta utk mengikuti dengan sungguh2 dan serius, diharapkan dapat mendapatkan pengetahuan keterampilan sampai dengan softskill sampai cakap bekerja. sikap disiplin dan perilaku yg baik sangat dibutuhkan dalam bekerja

Gallery Kegiatan

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Share via
Copy link
Powered by Social Snap