KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIK LINGKUNGAN BELAJAR BERKUALITAS PAUD

DINDIKBUD-21/09/2021 – DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUADAYAAN KABUPATEN DEMAK BEKERJA SAMA DENGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA DI HOTEL AMANTIS DEMAK, 9 – 10 SEPTEMBER 2021, Melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknik Lingkungan Belajar Berkualitas Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.

Lingkungan belajar yang berkualitas diharapkan dapat mendorong hadirnya pembelajaran yang bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Lingkungan belajar yang dimaksudkan disini adalah lingkungan belajar secara menyeluruh. Hal ini mencakup berbagai unsur yang tidak terbatas pada sarana prasarana semata. Beberapa faktor penentu lainnya yang dapat menunjang terwujudnya lingkungan belajar berkualitas, yaitu: kualitas lingkungan dan alat pembelajaran; interaksi guru dan anak; penerapan pembelajaran yang berpusat pada anak; keterlibatan keluarga dan masyarakat; kondisi lingkungan yang inklusif; pendekatan bermain dalam belajar; dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

Maka peningkatan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD merupakan salah satu prioritas program yang harus segera dilakukan. Untuk merealisaikan hal ini, Dinas pendidikan dan kebuadayaan Kabupaten Demak bekerjasama dengan Kemdikbud – Ristek RI pada tanggal 9 – 10 September 2021 menggelar Bimbingan Teknis Lingkungan Berkualitas di Hotel Amantis  Demak. Kegiatan ini melibatkan 28 peserta , yang terdiri dari  unsur Pusat Kegiatan Guru (PKG ) Kecamatan se kabupaten Demak.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Krebuadayaan Kabupaten Demak, Bapak Hadi Waluyo, SH. M.Pd dalam sambutan Pembukaan kegiatan menyampaikan di harapkan peserta dapat menjadi Role Model, membagikan menularkan dan melakukan  inisiasi ke 14 wilayah kecamatan masing – masing sekaligus  menjadi fasilitator pendamping satuan PAUD dalam upaya peningkatan mutu dan standar Pendidikan Anak Usia Dini Khususnya mengenail pengelolaan Lingkungan Belajar yang Berkualitas.

Selain  itu, Kepala Bidang pembinaan PAUD PNF , Ibu Dra Afida Aspar, MM menyatakan bahwa diperlukan kerjasama antar komunitas PAUD di kabupaten Demak untuk mempercepat ketertinggalan sebagai dampak Pandemi Covid 19 , melalui berbagai rencana tindak lanjut program Pusat Kegiatan Guru ( PKG) PAUD , Korwil Bidang Dikbud Kecamatan dan organisasi Mitra.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini adalah Widyaprada PP PAUD Dikmas Provinsi Jawa Tengah dan Narasumber Kabupaten yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Lingkungan Belajar Berkualitas Tingkat Nasional pada tahun 2021.

Tersusunnya rencana tindak lanjut oleh peserta , melekukan penyebarluasan  informasi dan inspirasi terkait cara mengembangkan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD diharpkan akan meningkatkan pemahaman Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas di Satuan PAUD di Kabupaten Demak.

Galeri Kegiatan

Link Materi LBB PAUD 2021

Share via
Copy link
Powered by Social Snap