Hari Wayang Nasional, Dindikbud Demak Gelar Pentas Wayang Lakon “Semar Bangun Khayangan”

DINDIKBUD-03/12/2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak bekerja sama dengan Pepadi menggelar pertunjukan Wayang Kulit lakon “Semar Bangun Khayangan” yang dibawakan oleh dalang Ki Warjito dari Boyolali.

Pagelaran Wayang dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional yang jatuh pada tanggal 7 November, sesuai Keputusan Presiden (Keppres) nomor 30 tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional.

Plt Kepala Dinas Dindikbud, Eko Pringgo Laksito permohonan maafnya lantaran pagelaran wayang diadakan secara terbatas.

“Acara sudah diperinci dan di persiapkan, tapi mohon maaf, Kabupaten Demak masih zona orange, belum kuning tidak juga merah, jadi penyelenggaraan dilakukan secara terbatas menggunakan kemajuan teknologi yakni chanel YouTube,” kata Eko dalam pidatonya.

Untuk itu, lanjut Eko, seluruh pemirsa juga bisa menyaksikan pagelaran wayang secara daring.

Selain itu, orang yang akrab disapa dengan Pak Koko itu juga meminta kepada dalang Ki Warjito, bahwa pagelaran wayang dipentaskan dengan jam pendek, mengingat kondisi pandemi.

Sebelum pementasan wayang kulit dimulai didahului dengan simbolisasi penyerahan wayang dari Plt Kadin Dindikbud, Eko Pringgo Laksito kepada dalang Ki Warjito.

 

Eko berharap, dengan melestarikan budaya wayang bisa membawa keberkahan untuk semua.

Ditemui di tempat terpisah, Plt Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dindikbud Demak, Endra Faturahman menyampaikan hal senada dengan Kadin Dindikbud Demak.

“Pagelaran wayang sebagai sarana nguri-nguri budaya Jawa, serta apresiasi bagi para seniman dan sarana hiburan masyarakat,” tutupnya.

Repost @https://wartajateng.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap