PPDB Hari Ke-5 SMP Negeri baru mencapai 71% Pendaftar

DINDIKBUD-15/06/2020 Pendaftaran Penerimaan peserta didik baru ( PPDB) untuk siswa SMP Negeri di Kabupaten Demak telah dibuka mulai tanggal 08 Juni 2020 secara Daring di Tahun Pelajaran 2020/2021. Memasuki hari ke 5 pendaftaran melalui daring sebagian besar SMP Negeri sudah memenuhi Jumlah peserta didik sudah mencapai 71 % lebih. Adapun kuota untuk PPDB tahun ini secara keseluruhan sebanyak 8.038 siswa, sesuai dengan Juknis PPDB Kabupaten Demak.

Plt. Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Drs. Eko Pringgo Laksito, M.Si. melalui Sekretaris Dinas Drs. Subkha, M.M., Jumat, 10 Juni 2020 mengatakan, dalam masa pendaftaran melalui Daring/online ini pihaknya telah melakukan pemantauan dibeberapa sekolah menengah pertama. ” Dalam masa PPDB Daring ditengah pandemi Covid-19 tim dari kami juga melakukan monitoring di beberapa sekolah SMP Negeri. Meskipun sudah melalui Daring namun pihak sekolah masih melayani pendaftaran dilokasi sekolah. Ini dilakukan untuk antisipasi kesulitan yang dialami para pendaftar”.

”Banyak faktor kesulitan yang dialami oleh pendaftar, mulai dari lemahnya sinyal di wilayah pendaftar, kemampuan orang tua/calon peserta didik belum memahami tekhnologi Informasi secara baik serta sarana untuk mendaftar kurang memadai, karena pendaftaran daring kali ini juga harus melakukan Upload Berkas antara lain KK, SKL, dan data pendukung lainnya. Oleh sebab itu panitia yang melayani pendaftaran di lokasi menyiapkan protokol kesehatan.

PPDB tahun ini mengacu pada Permendikbud Nomor 44 tahun 2019 yakni terdiri dari beberapa Kuota yang terbagi menjadi 4 jalur, 1. Jalur zonasi( wilayah), 2. jalur Afirmasi (warga kurang mampu), 3. jalur perpindahan ( tugas orang tua) dan 4. jalur Prestasi.
Untuk melihat data statistik dan pengumuman penerimaan peserta didik baru dapat dilihat secara langsung secara realtime oleh calon peserta didik atau wali murid di laman http://demak.siap-ppdb.com/

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap