REKAPITULASI CAGAR BUDAYA KABUPATEN DEMAK

DINDIKBUD-06/08/2019 Daftar Benda Cagar Budaya Kabupaten Demak Bedasarkan Pendataan Tahun 2017.

Kabupaten Demak merupakan daerah yang mempunyai potensi wisata religi yang memiliki adat dan budaya daerah yang masih agamis, berbagai macam kekayaan Benda Cagar dan Budaya yang masih dilestarikan hingga sekarang, salah satu peninggalan yang sampai saat ini masih terawat dengan baik dan memiliki sejarah dan peradaban yang tinggi adalah Masjid Agung Demak, dan Makam Sunan Kalijaga di Kelurahan Kadilangu, berikut daftar Benda Cagar Budaya di Kabupaten Demak :

A. Gedung/Bangunan Rumah

NO BENDA CAGAR BUDAYA (BCB) NAMA BENDA TEMPAT/LOKASI KEPEMILIKAN RIWAYAT 
1 MASJID AGUNG DEMAK Kel. Bintoro Demak Pemda Kab. Dmk/Pengelola Ta’mir Masjid Agung Demak Dirikan oleh para Wali 9 dibawah perintah Sultan Bintoro I pada Thn 1388 s./1466.M
2 RUMAH PANGGUNG DINAS PARBUD KAB. DEMAK JLN SULTAN FATAH No 53 DEMAK Pemda Kab.Demak/ DIN PARBUD KAB. DEMAK Bekas kantor DPRD S Kab. Demak
3 RUMAH DINAS BUPATI DEMAK Kantor Bupati Demak Pemda Kab. Demak Di Bangun setelah Kasultan Demak Runtuh dan Pusat pengendali pemerintahan dipinpin Adipati.
4 MASJID SUNAN KALIJAGA Kelurahan Kadilangu Demak Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Didirikan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga
5 GEDONG MAKAM SUNAN KALIJOGO Kelurahan Kadilangu Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Tempat makan Sunan Kalijaga dan Keluarga
6 PONPRES DAN MASJID BATAKUL MUTHAKIM THN 1872 DAN 1902 Dk. Sindon Ds. Trimulyo Kc. Guntur Ahli Waris K. Sholeh Solaiman Masjid dan Ponpes berkaki peninggalan K.Sholeh Solaiman seorang Tokoh Ulama’ pada masa Kadipaten Demak..era Kasultan akhir.
7 GEDUNG SMK PERIKAN NUSANTARA DEMAK Kelurahan Kalicilik Jl. Angsa Pemda Kab. Demak Bekas Sekolah Rakyat ( SR ) dan perguna SD N 1 Kalicilik sekarang di guinakan SMK PN Demak
8 KLENTENG BUDHI LUHUR DEMAK JL. SIWALAN Demak Milik Yayasan Budi Luhur Demak Di Bangun Pada Jaman Demak Akhir.
9 Rumah Dinas Camat Sayung Demak Komplek Kantor Kecamatan Sayung Pemda Kab. Demak Bangunan jaman Pemerintahan Kolonial.
10 PENDOPO  DAN RUMAH NOTOBRATAN Kelurahan Kadilangu Demak Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Rumah Kediam R. Nata Brato Ketua Perdikan Kadilangu ke I Ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijogo.
11 SAKA 8 SERAMBI MASJID AGUNG MASJID AGUNG DEMAK Ta’mir Masjid Agung Demak Setelah Kerajaan Majapahit Runtuh Soko Tiang  Kerajaan dibawa ke Demak dan diguna sebagai Tiang Serambi Masjid Agung Demak.
12 GEDONG MKM DAN KOMPLEK MKM PANGERAN MIJIL II Kelurahan Kadilangu Demak Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Mkm Pangeran mijil II dan keturunannya beserta ahli waris Kanjeng Sunan Kalijogo.
13 MASJID JAMIK BONGO Ds. Bongo Kec. Wedung Takmir Masjid Jamik Bongo Kec. Wedung Di Bangun Pada Jaman Demak Akhir.
14 KODIM 0716 DEMAK JL. Kiyai Singkil Demak Kodim 0716 Demak Bangunan jaman Pemerintah Kolonial
15 STASIUN KERETA API Ds. Jogoloyo Demak PJKA Bangunan jaman Pemerintah Kolonial
14 GEDONG KEPANGERANAN/ KANTOR SEKRETARIAT KASEPUHAN . Kelurahan Kadilangu Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Rumah bekas kediaman Panerang Mijil III dan beberapa Sesepuh Kadilangu.
15 LANGGAR Pendopo dan Rumah Natobratan Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu milik R. Nata Brato Ketua Perdikan Kadilangu ke I Ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijogo.
16 LUMBUNG Pendopo dan Rumah Natobratan Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu milik R. Nata Brato Ketua Perdikan Kadilangu ke I Ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijogo.
17 SERAMBI MASJID JAMIK BONGO Masjid Jamik Bonngo Kec. Wedung Takmir Masjid Jamik Bongo Kec. Wedung Di Bangun Pada Jaman Demak Akhir.
18 GEDONG MKM DAN KOMPLEK MKM PANGERAN MIJIL V Kelurahan Kadilangu Demak Ahli Waris Sunan Kalijaga di Kadilangu Mkm Pangeran mijil V dan keturunannya beserta ahli waris Kanjeng Sunan Kalijogo.
19 PABANTEN DK DEMUNG DS PILANGREJO KEC.WONOSALAM DS. PILANGREJO TEMPAT SESAJI .DI PERKIRAKAN PENINGGALAN MASA KERAJAAN KALINGGA.
20 MAKODIM 0716 DEMAK Kel. Bintoro Demak Kodim 0716 Demak BANGUNAN TEMPAT TINGGAL PEJABAT KOMPENI.

INVENTARISASI Benda Cagar Budaya Tahun 2017

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap