PENYELENGGARAAN PAKET A SETARA SD TAHUN 2020

DINDIKBUD-15/09/2020 Dalam Rangka meningkatkan kualitas Penyelenggaran Pendidikan Kesetaraan Jenjang Paket A, Kegiatan dilakasanakan di BINA PRAJA Kabupaten Demak yang di buka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si (Kepala Dindikbud Kab. Demak) dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk menangani Anak yang Putus sekolah atau Drop Out untuk bisa kembali bersekolah.

Sesuai Pasal 1 ayat (12) Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa: “Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang”. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, Pelaksanaan pendidikan kesetaraan ini diupayakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, fleksibel dalam penyelenggaraannya, praktis materi pembelajarannya, serta dapat disesuaikan waktu dan tempat pelaksanaan sesuai dengan kondisi warga belajar.

Khusus untuk masyarakat yang kurang mampu maupun karena faktor lain sehingga belum bisa melanjutkan sekolah formal pada jenjang SD bisa melanjutkan sekolah pendidikan non formal paket A Setara SD.

Pendidikan kesetaraan merupakan bagian dari pendidikan nonformal yang memberikan layanan pendidikan Program Paket A setara SD/MI, Program Paket B setara SMP/MTs dan Program Paket C setara SMA/MA, dengan memberikan penekanan pada peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengembangan sikap kepribadian kepada peserta didik (Kintamani, 2012:67). Penyelenggaraan pendidikan kesetaraan lebih diperuntukkan bagi warga belajar yang putus sekolah atau tidak pernah bersekolah.Tujuan utama dari penyelenggaran sistem pendidikan ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan kehidupan warga belajar.

Adapun Tujuan dari Kegiatan ini adalah merancang Kurikulum yang sesuai untuk program pendidikan kesetaraan Paket A Setara SD pada masa pandemi dan Bedah aplikasi terbaru dapodikmas versi 2021 untuk program Pendidikan Kesetaraan.

Adapun Narasumber dari Kegiatan ini antara lain : 

  1. Eko Pringgolaksito, M.Si (Kepala Dindikbud Kab. Demak)
  2. Afida Aspar, MM (Kabid Pembinaan PAUD dan PNF)
  3. Supartiningsih, S.Sos, MM (Kasi PNF)
  4. Supribadi (Admin DAPODIK Kab. Demak)
  5. Rain Adhistya, S.Pd (Pamong Belajar Kab. Jepara) Pembuatan Modul, RPP Daring Kesetaraan

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.