PENGEMBANGAN KEBIJAKAN PNF FASILITASI AKREDITASI LEMBAGA NON FORMAL

DINDIKBUD-14/08/2020  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak menyelenggarakan Kegiatan Fasilitasi Akreditasi Lembaga Pendidikan Non Formal, pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 yang dilaksanakan mulai jam 08.00  WIB s.d. Selesai di Ruang Pertemuan Wakil Bupati Lt. 1 Setda Demak, adapun kegiatan tersebut dihadiri Operator di Satuan Pendidikan Non Formal yang belum terakreditasi baik PKBM dan LKP . Kegiatan tersebut di buka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si menyampaikan pentingnya akreditasi bagi lembaga pendidikan nonformal, dalam Rangka Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Pendidikan di Kabupaten Demak.

Sedangkan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dra. Afida Aspar, M.M. menyampaikan prasyarat Akreditasi untuk Lembaga Pendidikan NonFormal,  Sesuai UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik. Akreditasi harus dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.

Akreditasi merupakan komponen yang penting bagi masyarakat untuk mengetahui apakah satuan pendidikan yang menjadi mitranya dalam menempuh pendidikan memiliki kualitas yang distandarkan oleh pemerintah. Akreditasi menyatakan kesesuaian sebuah PKBM / LKP atas standar yang ditetapkan, mencakup:

  1. Standar Kompetensi Lulusan;
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses;
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  5. Standar Sarana dan Prasarana;
  6. Standar Pengelolaan;
  7. Standar Pembiayaan;
  8. Standar Penilaian.

Pada akhirnya, status akreditasi PKBM juga menentukan apakah satuan pendidikan PKBM dapat menyelenggarakan ujian secara mandiri atau belum.

       

Dalam Kesempatan tersebut Endang Tri Haryanti, S.P, M.Pd sebagai Narasumber mengungkapkan berbagai komponen yang harus dipenuhi untuk sekolah yang akan di Akreditasi yang telah di tentukan oleh Badan Akreditasi Nasional, dalam hal ini  BAN PAUD PNF bersifat independen, kegiatan akreditasi non formal bertujuan untuk memberikan asesmen atau penilaian secara obyektif, transparan, dan berkelanjutan terhadap kelayakan suatu program dan satuan non formal berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan, 

 

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.