PROGRAM PENGELOLAAN TENAGA LABORATORIUM IPA SMP

PROGRAM PENGELOLAAN TENAGA LABORATORIUM IPA

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) melaksanakan program pengelolaan tenaga laboratorum IPA dan sarana prasarana laboratorium IPA jenjang SMP. Aplikasi online pengelolaan laboratorium IPA ini bernama De-Mikroskop. Didalamnya memuat profil Kepala Laboratorium, Laboran, Teknisi Laboratorium dan sarana-prasarana laboratorium IPA.

Sekolah bertugas untuk menginput data profil laboratorium IPA di sekolahnya dengan menggunakan aplikasi http://p4tkipa.kemdikbud.go.id/demikroskop.html. Diharapkan sekolah segera melaksanakan penginputan data profil laboratoium IPA sekolah masing-masing. Sehingga PPPPTK IPA Kemdikbud dapat segera melaksanakan analisis data untuk digunakan program pengembangan tenaga serta sarana dan prasarana laboratorium, baik itu pelatihan dan pengembangan tenaga laboratorium (Kepala Lab, Laboran dan teknisi) maupun dalam program bantuan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium.

Guru sasaran program Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PPPPTK IPA terkait pengelolaan tenaga laboratorium IPA mencapai 136.050 orang meliputi jenjang SMP, SMA dan SMK se Indonesia. Khusus jenjang SMP, guru sasaran mencapai 81.766 orang.  Dari 136.050 orang guru sasaran, sejumlah 49.209 orang adalah Kepala Laboratorium IPA jenjang SMP – SMA.

Paparan penggunaan deMikroskop dapat didownload dari link dibawah ini :

Manual Penggunaan deMIKROSKOP ppt

Panduan penginputan data laboratorium IPA dapat diunduh dari link dibawah ini :

Panduan de-MIKROSKOP

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap