Cara Merubah Metode Sinkronisasi Dapodik PAUD-DIKMAS Semester Genap 2019/2020

DINDIKBUD-15/01/2020 Salam sejahtera untuk seluruh Bunda PAUD serta sahabat Operator Sekolah, untuk saat ini pengerjaan aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS bisa mengerjakan Dapodik PAUD-DIKMAS dengan metode sinkronisasi Online. Bagi sahabat OPS yang akan mengerjakan aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS sudah dapat dimulai, agar lebih cepat data yang terkirim dan berhasil sinkron maka lebih baik mengerjakan dengan metode online.

Gambar 1 : Pilihan menu Login Satuan Pendidikan

Bagaimana dengan sekolah yang Aplikasi Dapodik semester ganjil ternyata menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD Offline?

Sekolah yang pada awalnya menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD Offline, bisa juga mengerjakan secara online asal Metode Sinkronisasi sudah dirubah dari Offline ke Online.

Bagaimana cara merubah metode Sinkronisai? Ikutilah Langkahnya seperti berikut ini :

  1. Silahkan akses link berikut ini : https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/

dihalaman Manajemen PAUD, pada Tombol Login silahkan pilih Satuan Pendidikan :

Gambar 2 :  login  memasukkan username dan password
  1. Silahkan Login dengan mengisikan Username dan Password sama seperti Login di Aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS Online maupun Offline.
  2. Setelah berhasil Login akan masuk di halaman Manajemen Dapodik sekolah, silahkan klik pada tombol Dapodik Offline/Sync Online atau sebaliknya.

Gambar 3 : Pilihan metode sinkronisasi

4. Masuk pada halaman pilihan Metode Sinkronisasi, silahkan pilih metode sinkronisasi yang akan digunakan. disini admin contohkan dari Metode Offline ke Online.

Gambar 4 : Sinkronisasi Online

Kemudian klik tombol Simpan.

Gambar 5 : Simpan perubahan pilihan metode Sinkronisasi Online

Jika sudah, silahkan klik pada Satuan Pendidikan di menu Dashboard, maka kita akan melihat metode sinkronisasi sudah Dapodik Online. Artinya sahabatku Operator sudah bisa melakukan Input atau Update data di Dapodik PAUD-DIKMAS Online Semester Genap 2019/2020.

Gambar 6 :   Hasil pilihan Sinkronisasi Online

Demikianlah langkah untuk merubah metode Sinkronisasi DAPODIK dari offline ke online, semoga bermanfaat untuk sahabat operator semuanya. Salam sejahtera dan salam satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, satu peta dan satu data.

Selamat mengerjakan di laman :  https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/

Semoga bermanfaatTerimakasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.