DINDIKBUD Rumuskan Strategi untuk Merangkul Anak Tidak Sekolah Melalui Program BASIMDA ayo Bersekolah

DINDIKBUD-12/11/2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak (DINDIKBUD) berupaya merangkul Anak Tidak Sekolah atau ATS untuk kembali mendapatkan layanan pendidikan melalui Program Bantuan Siswa Miskin Daerah (BASIMDA). Hal ini dilakukan untuk menyiapkan generasi penerus yang berdaya saing. Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan bahwa setiap anak, termasuk anak berhenti sekolah, harus bersekolah.

”Persaingan nanti semakin sulit, Oleh karena itu kita persiapkan. Kalau yang sudah berhenti (sekolah), akan mendapatkan BASIMDA Ayo Sekolah, sekolah lagi.,” ujar Plt. Kadin Dikbud Eko Pringgo Laksito saat sosialisasi Program Penanganan Anak Tidak Sekolah.

Sebagai upaya merumuskan strategi kebijakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak melalui Sub. Bag. Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan NonFormal (PNF) menggelar Diskusi Penanganan Anak Tidak Sekolah(ATS) Kembali Belajar di Satuan Pendidikan, di Aula Budi Utomo Dindikbud Kabupaten Demak 12-11-2019.

Anak Tidak Sekolah (ATS) yang akan dalam sasaran adalah anak usia 5 s.d. 18 tahun yang tidak bersekolah karena alasan ekonomi, sosial, kesehatan. Selain itu, mereka yang pernah sekolah dan berhenti di tengah proses belajarnya (putus sekolah) karena berbagai alasan seperti kesulitan ekonomi, dan sosial. 

Sekretaris Dinas Pendidikan, Drs. SUBKHAN, M.M, mengungkapkan Dindikbud terus berupaya untuk mengidentifikasi ATS agar dapat kembali melanjutkan pendidikan. Sehingga, diskusi bertujuan dapat merumuskan kebijakan efektif dan efisien terkait penanganan Anak Tidak Sekolah.

“DINDIKBUD selalu mengidentifikasi ATS agar dapat melanjutkan pendidikan, bukan hanya itu, tapi juga memastikan mereka masuk ke satuan pendidikan dan menyelesaikan pendidikannya,” ujar beliau saat pelaksanaan Diskusi tersebut, Selasa (13/11/2019).

Sinkronisasi data

Validasi data ATS sangat krusial untuk Bantuan Siswa Miskin Daerah Ayo Sekolah untuk ATS. “dalam kesempatan tersebut di perkenalkan kan sistem elektronik pendidikan yang akan dipergunakan dalam pendataan ATS.

Satgas ATS

Dalam kesempatan tersebut juga akan dilaksanakan atau di bentuk SATGAS ATS dari Tingkat Kabupaten, Kecamatan bahkan sampai Tingkat Desa. Adapun Paparan secara Lengkap dapat di unduh di link di bawah ini :

RENCANA PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI KABUPATEN DEMAK

       

Semoga bermanfaatTerimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.