PEMBERIAN MAKANAN SEHAT PESERTA DIDIK PAUD

DINDIKBUD-12/09/2019 Melaksanakan Kegiatan Pemberian Makan Sehat pada Peserta Didik Pendidikan Usia Dini (PAUD) hal dengan pertimbangan Perkembangan optimal otak manusia terjadi di usia dini.  Perkembangan otak dapat  optimal apabila anak mendapatkan rangsangan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan secara utuh. Untuk itu layanan Pendidikan Anak usia Dini menggunakan pendekatan Holistik Intergratif.

Bahwa Pengembangan Anak usia Dini Holistik Integratif menyatakan peningatan kualitas sumber daya manusia dalam pencapaian tumbuh kembang optimal sangat ditentukan oleh kualitas perkembangan anak selama periode usia dini yaitu sejak janin sampai anak berusia 6 (enam). Untuk menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini diperlukan upaya peningkatan gizi, kesehatan, perawatan,pengasuhan, perlindungan, kesejahteraan, dan rangsangan pendidikan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyuluruh, terintegrasi dan berkesinambungan.

Pemenuhan pendidikan, pengasuhan, dan gizi yang baik terutama bagi anak yang mengalami stunting dapat mengurangi dampak permanen yang merugikan anak

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengadung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anak. Gizi seimbang memperhatian prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Potensi anak dapat berkembang optimal jika mendapatkan perawatan kesehatan melalui pemenuhan gizi seimbang sehingga kesehatannya dapat terjaga.

TUJUAN PEMBERIAN MAKANAN SEHAT

  1. Meningkatkan kualitas tumbuh kembang peserta didik di Satuan Paud
  2. Menjaga peserta didik agar tetap dalam kondisi gizi seimbang
  3. Membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat dan berperilaku sesuai aturan dan norma saat makan
  4. Meningkatkan pelibatan orangtua dan masyarakat dalam penyiapan pemberian makanan sehat

Sasaran kegiatan Satuan Pendidikan yang menyelenggarakan program Pendidikan Anak Usia Dini diprioritaskan dengan angka stunting tertinggi.

    

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.