Pokja Gelar FGD Sinkronisasi Program Kerja Pendidikan Keluarga

DINDIKBUD – 25/07/2019 Untuk menekan stunting, Pokja Pendidikan Keluarga yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak (DINDIKBUD), menggelar Focus Group Discusion (FGD), membahas peran keluarga dalam merespon isu prioritas, yakni menekan stunting.

FGD yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. SINGGIH SETYONO, M.Kes, dihadiri 35 peserta dari Jajaran OPD terkait, organisasi mitra, pemerhati anak, Kasi Pembinaan SD, SMP dan Pengawas Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Ahli Bupati/Gedung A Lantai 1 Kabupaten Demak, Kamis (25/7/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih Setyono, saat membuka kegiatan mengatakan, isu penanganan stunting menjadi peran semua pihak, sebab pemerintah lewat Direktorat Pendidikan Keluarga pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengimbau agar keluarga mengambil peran, dalam melakukan hal yang terbaik bagi pertumbuhan anak, serta menyampaikan materi keluarga sehat bahagia sejahtera untuk generasi berkualitas, jadi semua harus berperan dalam penanganan stunting,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Anjar Gunadi, M.Pd saat melaporkan kegiatan tersebut mengatakan, yang menjadi tujuan dalam FGD yaitu di antaranya, meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab bersama antar satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat terhadap penyelenggaran pendidikan. Juga mendorong penguatan pendidikan karakter anak. Beliau menyampaikan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak dan mengajak OPD terkait untuk bersinergi menuntaskan stunting di Kabupaten Demak.

Meningkatkan kepedulian keluarga terhadap pendidikan anak, membangun sinergitas antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Serta mewujudkan lingkungan satuan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Kabid PAUD dan Dikmas, AFIDA ASPAR yang memimpin FGD memberikan pengantar untuk pemahaman konsep bersama, kata dia, berdasarkan program direktorat pendidikan keluarga perlu keterlibatan sekolah, keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Dan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai permendikbud 30 tahun 2017. Dan capaian program dan kegiatan bindikel dan penanganan stunting tahun 2020.

Sementara itu fasilotator Daerah bu lusi yang juga Ketua HIMPAUDI dan Pak Taufiqurrohman pengawas SMP  menyampaikan materi 1000 hpk dan bentuk-bentuk pelibatan orang tua di satuan pemdidikan.

Diakhiri dengan pernyataan komitmen dan program sesuai tupoksi masing-masing yang dapat mencegah dan menangani stunting.

Semoga bermanfaatTerimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.