Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2019/2020 di Kabupaten Demak

DINDIKBUD17/07/2019 Sudah menjadi agenda rutin tahunan, setiap hari pertama masuk sekolah selalu diawali dengan kegiatan masa Orientasi calon peserta didik baru. Berdasar Permendikbud nomor 18 tahun 2016, mulai tahun pelajaran 2019/2020 kemarin masa orientasi dilaksanakan dengan istilah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pemerintah berharap MPLS bisa menjembatani peserta didik baru dalam mengenal berbagai kekhususan di jenjang pendidikan yang baru tanpa harus melewati unsur perpeloncoan apapun bentuknya.

Di SMP Negeri 2 Demak, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 15 s.d. 17 Juli 2019. MPLS dibuka secara resmi oleh Kepala SMP Negeri 2 Demak, DR. Drs. TRISYONO, M.Pd. mulai pukul 07.00 pagi.

Dengan masih mengenakan seragam SD/MI/Sederajat, Calon peserta didik baru SMP Negeri 2 Demak secara resmi dinyatakan sebagai peserta MPLS ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada seorang peserta putra dan seorang peserta putri diikuti para peserta lainnya.

Melatih Kedisiplinan Siswa (SMP Negeri 2 DEMAK)

Tema yang diusung dalam MPLS tahun 2019/2020 ini adalah “Melalui MPLS Kita Tumbuhkan Sikap Santun, Mandiri dan Disiplin unutk Mewujudkan Peserta Didik yang Berintegritas Tinggi”. Tema tersebut menegaskan bahwa SMP Negeri 2 Demak bukan hanya mengejar kuantitas peserta didik, namun yang terpenting adalah mencetak lulusan berkualitas dan berintegritas yang siap bersaing di era generasi emas tahun 2045 kelak.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, SUDAR, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya MPLS antara lain membantu peserta didik mengenal lebih dekat lingkungan pendidikannya, mendorong bersikap pro aktif dalam mengenal guru, memahami kehidupan wiyata mandala, mendorong peserta didik aktif mengungkapkan pendapat secara santun dan memotivasi peserta didik agar merasa bangga belajar di SMP Negeri 2 Demak.

Adapun di SMP Negeri 4 Demak, SMP Negeri 3 Demak, SMP Negeri 1 Demak, SMP Negeri 1 Wonosalam dan SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Demak juga menerapkan MPLS dengan materi yang sama seperti halnya di SMP Negeri 2 Demak sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan MPLS berikut Beberapa materi yang disampaikan dalam MPLS 2019/2020 ini antara lain:

– Pengenalan Lingkungan Sekolah

– Siap jadi Pemimpin sejak di Bangku Sekolah

Kedisiplinan dan Kepemimpinan dengan TNI dr kodim

– Pengenalan Perpustakaan Sekolah

– Pendidikan Karakter

– Ekskul Mengembangkan Karakter

 

– Kepramukaan

– Pola Hidup Sehat

 

Penyuluhan kesehatan dari petugas puskesmas

– Sholat berjamaah

  

– Peraturan Baris-berbaris (PBB)

– Apresiasi Seni

previous arrow
next arrow
Slider

Semoga bermanfaat – Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.