Apr 04

Pemenuhan SPM (Standar Pelayanan Minimal) Pendidikan

DINDIKBUD-04/04/2019-SPM PENDIDIKAN – Standar Pelayanan Minimal adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu Pelayanan Dasar yang merupakan Urusan Pemerintahan Wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal sesuai dengan PERMENDIKBUD No 32 tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan Jenjang PAUD, DIKDAS, DIKMEN dan DIKSUD sebagaimana di sampaikan oleh Drs. Anjar Gunadi, M.Pd. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rapat Kerja Dinas yang dilaksanakan pada tanggal 04 April 2019 di Aula Budi Utomo yang di hadiri oleh Pengawas Sekolah, Kepala UPT di Kabupaten Demak.

Salah satu komponen SPM yang perlu di perhatikan adalah Jenis pendidik
dan tenaga kependidikan untuk :

Jenjang PAUD : 1. Guru PAUD paling rendah memiliki ijazah D-IV /S1 bidang PAUD, kependidikan lain atau psikologii; dan memiliki sertifikat profesi guru PAUD 2. Kepala Satuan PAUD paling rendah memiliki ijazah D-IV /S1;  memiliki sertifikat pendidik; dan 3. memiliki surat tanda tamat
pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah untuk PAUD formal atau sertifikat pendidikan dan pelatihan
kepala satuan PAUD nonformal dari lembaga pemerintah yang berwenang.

Jenjang DIKDAS : 1. Guru Kelas paling rendah memiliki ijazah D-IV /S1, dan memiliki sertifikat Pendidik 2.  Guru Kelas paling rendah memiliki ijazah D-IV /S1, dan memiliki sertifikat Pendidik 3. Kepala Sekolah : paling rendah memiliki ijazah D-IV /S1; memiliki sertifikat pendidik; dan memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.

Secara lengkap paparan tentang SPM dan Tata Kelola Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dapat di unduh di bawah ini :

Paparan SPM 2019

PPT PPDB dan Tata Kelola Sekolah DIY final

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.