Feb 04

Workshop Pengelola Pendidikan NonFormal

DINDIKBUD-PNF-LKP-01/02/2019-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD dan PNF), menggelar Workshop Pengelola PNF dalam upaya meningkatkan kompetensi pengelola PNF pada tanggal 01 – 02 Februari 2019  bertempat di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan yang di buka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Anjar Gunadi, M.Pd, “Berharap kepada pengelola PNF untuk mewujudkan Pendidikan NonFormal yang berkualitas, berkompeten dan profesional”. Sedangkan Dra. AFIDA ASPAR, M.M (Kabid Pembinaan PAUD dan PNF) didampingi Supartiningsih, S.Sos, M.M. (Kasi Bidang Pembinaan PNF) saat upacara Pembukaan Workshop Pengelola PNF.

Kualitas Lembaga Pendidikan Nonformal khususnya lembaga LKP, sebagai bentuk satuan Pendidikan  NonFormal perlu terus ditingkatkan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, ketrampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, pengembangan profesi, pekerja keras, usaha mandiri dan melanjutkan yang lebih tinggi perlu terus ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor: 20 tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan Nasional pasal 267 ayat 5 dan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional sesuai dengan Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Yakni, terselenggaranya misi 5 K (Ketersediaan, Keterjangkauan, Kwalitas/mutu dan relevan, kesetaraan, dan kepastian/keterjaminan),  yang merupakan misi  tersebut  untuk mewujudkan lembaga yang bermutu, dan berdaya saing tinggi dapat dimotivasi melalui suasana, (persaingan positif) anatara lain dalam bentuk Pembinaan Kursus dan Kelembagaan di tingkat Kabupaten Demak pada tahun 2019.

Kami memandang perlu dilakukan Pembinaan Lembaga PNF yang melaksanakan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan kinerja masyarakat dan capaian lembaga berkualitas terakreditasi di Kabupaten Demak.

Adapun dalam Kegiatan Tersebut di isi dengan Penyusunan Bahan Ajar Kursus dan Pelatihan dalam rangka menyiapkan revolusi industri yang di sampaikan oleh Heri Sutanto, S.Kom, M.Kes sebagai Nara Sumber pembinaan pendidikan nonformal, serta Heru Priambodo, M.Kom yang menyampaikan Penjelasan tentang pendidikan Kewirausahaan dan Pendidikan Kecakapan Kerja

Kemudian kepada para Nara Sumber, saya berpesan agar memotivasi para pengelola Pendidikan Non Formal untuk meningkatkan kualitas lembaganya yang pada akhirnya menjadi lembaga yang ter-Akreditasi, saat ini kami berupaya terus untuk mendorong teman-teman pengelola untuk mengakreditasi lembaganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.